Belajar Dengan Alam sekitar
Berusaha dekatkan anak belajar dengan Alam sekitar
Oleh Ade E Sumengkar ( Founder Nurani Hati Institute)
sumber dokumentasi dari https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-1907245/sekolah-disapu-puting-beliung-siswa-sdn-pakis-03-belajar-di-pinggir-sungai
Contoh Proses belajar mengajar dapat dilakukan di pinggir kolam renang, atau sungai kecil yang berjarak 10-20 cm dari tepi kolam sangat mengasikan. Anak dilatih mencintai, melatih kesimbangan, melatih dan mengontrol emosi dan ke-inginan untuk fokus kepada kegiatan yang diberikan oleh sahabat pendidik, dan tidak fokus kepada kolam renang yang dalam. Anak diberikan pengertian dan kesadaran diri bagaimana belajar dengan da-mai dan senang.
Mencintai diri sendiri (Self Awareness), anak bangsa BEROLAH RAGA dan menari melatih otot otot dan motorik halus serta kasar agar sehat dan terbiasa serta tumbuh menjadi anak bangsa yang kuat, Anak diajarkan menyukai permainan bola dan permainan tradisional lain seperti bermain lempar bola, tangkap bola, tendang bola. Melempar bola dan menangkap bola melatih sensori motorik terutama tangan , melatih menendang melatih sensori motorik terutama kakinya, jika semua permainan dikombinasikan maka seluruh sensori motorik tubuh akan terstimulasi dengan sangat baik, apa-lagi jika di kombinasikan dengan pelatihan mental melalui pikiran, rasa dan tindakan.
Anak diajarkan mengenal tekstur, cara dengan meminta anak merapikan, menyentuh dengan tangannya ke dinding kamar, tempat tidur, lemari dan gorden, seprai, dan sebagainya. Ketika menyentuh anak bangsa ditanya apa yang ia rasakan, berbedakah dengan benda lainnya , lebih kasar atau halus?, informasi ini akan dikirimkan ke Otak kemudian sel-sel di otak akan menyambungkan dan mem-bentuk myelinasi.
Mencintai diri sendiri (Self Awareness), anak diajak berlatih memberikan Makanan kepada Hewan peliharaan (Kelinci), Wujud nyata Kesadaran Diri anak bangsa melatih dirinya dengan menyayangi Hewan peliharaan, membangun dan membersihkan kamar tidur sendiri, dan meletakan sepatunya sendiri.
KESADARAN DIRI anak bangsa mencintai hewan peli-haraan dengan berbagi, meme-lihara dan menyayangi makh-luk ciptaan Tuhan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan wajib dan termasuk kegiatan bermain, jadi kegiatan belajar anak ya juga kegiatan bermain si anak.
Merapikan RUANGAN BELAJAR, area GAZEBO SEKOLAH, area Mushola, kemudian TEMPAT TIDUR, PIRING/GELAS di dapur, wujud nyata KESADARAN DIRI anak membantu orang tua dan bermanfaat untuk keluarga dirumah
Bermain itu dapat dilakukan dengan sukarela, bahagia, tanpa paksaan dan tanpa beban, anak memilih mainan yang disukai, kami hanya mengarahkan pilihan anak agar masing-masing memilih dan fokus dengan kesu-kaannya, seperti pernyataan Jean Piaget , seorang filsuf dan psikolog kenamaan asal Swiss, yang mengatakan bahwa Bermain terdiri atas tanggapan yang di ulang untuk kesenangan. Ketika anak se-dang bermain, jangan lupa bahwa anak juga sedang belajar, be-lajar dengan pikirannya, belajar dengan perasaannya dan belajar melakukan tindakannya. Bagi seorang anak bangsa bermain tidak hanya sekedar kesenangan , juga sarana belajar untuk mendapat-kan pengetahuan , pembentukan watak, dan sosialisasi sesama teman-teman.
Mencintai Air (kolam) dan aman bersama Air. Melakukan aktifitas di pinggir kolam mencerminkan KESADARAN DIRI anak bangsa utk berani berada di area kolam, dan bersahabat bersama Air wujud nyata mencintai (Alam dan beserta isinya), anak bangsa bangga dengan karyanya, wujud nyata dari (Akhlak/karakter dan Kepemimpinan).
tiga syarat untuk mencintai dalam hal KESADARAN DIRI
-pertama adalah Kecintaan sebagai perintah yang
-kedua mencintai adalah karena figur pribadi yang memang paling layak untuk dicintai oleh seluruh manusia yang ada di alam semesta maupun alam yang ada didalam dirinya sendiri.
-Dan yang ketiga adalah berusahalah mengenal lebih dekat dari sosok yang dicintai itu termasuk pribadi, keluarga dan segala hal yang berkaitan den-gan kehidupannya.
Mencintai Diri sendiri (self Awareness) dengan memperhati-kan kesehatan adalah bentuk KESADARAN DIRI melalui TOILET KLINIK dan RUMAH SEHAT, anak bangsa dikenalkan fungsi dan kegunaan dari masing-masing barang yang ada di Toilet rumah. Anak bangsa diajarkan cara mencuci tangan, kaki, Gigi bagaimana hidup sehat , dll. Anak bangsa diajarkan (tutorial) melalui Film bagaimana fungsi dan kegunaan toilet atau rumah yang bersih, dan Tutorial film mengenai manfaat Air untuk berwudhu, minum, mandi dll. Mencintai Diri sendiri (self Awareness) dan Air (Alam dan Isinya) dengan memperhatikan kesehatan adalah bentuk KE-SADARAN DIRI anak bangsa melalui praktik BERENANG.
Anak sebelum dilatih berenang Diberikan TUTORIAL (dalam bentuk FILM) bagaima-na cara berenang untuk pemula Pemutaran Film tutorial cara berenang dimaksudkan anak bangsa memiliki wawasan yang sama pada saat praktik (bere-nang) sehingga muncul kebera-nian untuk mencoba tanpa rasa takut dan diajarkan mencintai
Mencintai Air (kolam) dan aman bersama Air. Melakukan aktifitas di pinggir kolam mencerminkan KESADARAN DIRI anak bangsa utk berani berada di area kolam, dan bersahabat bersama Air wujud nyata mencintai (Alam dan beserta isinya), ketika anak diajarkan berenang, ketika itu anak melibatkan pergerakan motoriknya seluruh anggota tubuh, daya sensorinya pun terstimulasi secara otomatis mulai dari kakinya hingga ke kepala.
Komentar