SELF ACCREDITATION
(BEDAH BUKU 01 AGUSTUS 2019)
Judul : SELF ACCREDITATION
Penulis :
Ade E Sumengkar
Tahun
Terbit : 2019
Tebal
halaman : 196 halaman
Ukuran Buku : A5
Tempat : Nusantara 4, ruang presentasi perpustakaan MPR RI
Dapat dilihat di ling berikut https://www.academia.edu/41392734/Self_Accreditation
Dapat dilihat di ling berikut https://www.academia.edu/41392734/Self_Accreditation
Mengusung tema kegiatan bicara buku bersama wakil
rakyat yaitu “Semangat dan Tantangan
Perbaikan Mutu Pendidikan Karakter melalui Penjamin Mutu yang berkualitas di
era millenial (industri 4.0 - era disruption)”. Buku ketiga yang diberi judul SELF
ACCREDITATION ini merupakan seri Karakter sebelumnya sudah di buat oleh penulis
pada buku pertama berjudul SELF AWARENESS edisi untuk Early Stage, kemudian di
buku yang kedua berjudul Become a Great Awareness person. Penulisan ini, mengisahkan trilogy karakter versi lanjutan,
dengan nuansa yang berbeda akan tetapi sama dalam tujuan dan maksud. Ada kesamaan didalam ketiga buku karya Ade E
Sumengkar yaitu penguatan pendidikan karakter, dimana bagian ini yang sedang di kuatkan dan didengungkan oleh pemerintah di
kementrian pendidikan nasional, guna
membentuk akhlakul karimah yang baik dan dimulai dari anak usia dini.
Dalam
tulisan ini ada porsi pengalaman para pendidik yang didalamnya ada unsur asesor, yang sekaligus oleh penulis ingin
diberi ruang dan penghargaan dikarenakan para pendidikan tersebut melakukan penjaminan mutu (akreditasi) kepada
lembaga dan satuan PAUD dan Pendidikan nonformal lain sampai kepelosok desa
bahkan jauh dari perkotaan yang berpuluh-puluh kilometer jauhnya (+/-150 km)
dari kota/kabupaten, akan tetapi semangat juang yang dimiliki dan karakter yang kuat serta tanggung jawab
yang besar untuk memajukan sekaligus pemerataan kualitas, mutu pendidikan
terutama pendidikan anak usia dini.
Asesor
didalam menjalankan misi, visi dan tujuan yang diemban, di latar belakangi oleh
perlunya dilakukan penjaminan mutu
pendidikan secara umum, dan juga bagaimana pegertian penjaminan mutu serta
manfaat pendidikan melalui peningkatan mutu dalam hal ini melalui akreditasi
lembaga/sekolah PAUD dan sejenis seperti LKP dan PKBM, diperluas melalui pembinaan yang berkelanjutan
yang lebih komprehensif, membantu mengembangkan kompetensi pendidik dalam
mengemban tanggung jawabnya dimasa yang akan datang di era globalisasi dan
millenial serta era disruption dalam
revolusi industri 4.0.
Dalam
memenuhi kebijakan pembangunan pendidikan nasional tahun 2019 dan untuk
mencapai nawacita president, serta cita-cita dan tujuan pendidikan nasional dan
implementasi yang terkandung dalam Undang
Undang, terkait juga dengan empat pilar kebangsaan, salah satunya adalah melaksanakan
amanat UUD tahun 1945 pasal 31 ayat 1 dimana setiap warga-negara berhak
mendapat pendidikan yang layak, termasuk didalamnya adalah bagaimana kebutuhan setiap warga negara mendapat jaminan
mutu dan kualitas pendidikan yang baik dan merata.
Permasalahan
dari penjaminan mutu dilapangan secara teori mudah diucapkan akan tetapi dalam
pelaksanaan, seperti pada bab 1 didalam buku ini yang mengkisahkan suka dan
duka para pendidik melakukan akreditasi ke pelosok menjumpai hambatn, tantangan
bahkan pujian serta ke-ekstriman selama perjalanan menuju lokasi, ada juga perbedaan
atau gap disetiap lembaga/sekolah berbeda-beda, disaat yang sama harus di selesaikan oleh pendidik dalam hal
ini asesor yang bernaung di badan akreditasi nasional pendidikan anak usia dini
dan pendidikan nonformal disingkat (BAN PAUD dan PNF).
Peningkatan
penjaminan mutu dan kualitas sumber daya
sangatlah berpengaruh terutama jika menyinggung anggaran yang tersedia, untuk keberlangsungan penyelenggaraan aktifitias
pendidikan anak usia dini (PAUD) dan juga Pendidikan nonformal, sebagaimana
yang tertuangkan di dalam undang-undang nomor 20 tahun 2013 tentang sisidiknas
pasal 49 tentang pengalokasian dana pendidikan yang menyatakan bahwa dana
pendidikan selain untuk salary pendidikan juga untuk biaya pendidikan kedinasan
yang dialokasikan minimal 20% dari anggaran pendapatan belanja Negara dan
minimal 20% anggaran pendapatan dan belanja daerah. Besarnya anggaran belum
sepenuhnya pemerataan dilakukan secara optimal untuk tujuan pendidikan nasional seutuhnya.
Kewenangan
penyelenggaraan penjaminan mutu di indonesia adalah langkah dan merupakan
bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan yang berakar pada kekayaan
dan kearifan lokal daerah masing-masing,seperti kebudayaan yang beragam, agama yang berbeda,
serta status sosial dan suku dan etnik yang disatukan oleh bhineka tunggal ika berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945.
Tantangan
diatas terus di upayakan oleh pemerintah melalui kementrian pendidikan nasional
dan setrusnya ditangani oleh badan akreditasi nasional pusat dan daerah, dan
diturunkan kepada pendidik yang didalamnya ada asesor. Pengelolaan pusat dan
daerah diperlukan kerja sama dan saling berpartnership akan menghasilkan
keberhasilan yang sesuai harapan. Dalam undang-undang nomor 20 Tahun 2003
tentang sistem pendidikan nasional, negara menjamin hak atas pendidikan dasar
bagi warga negara berusia tujuh hingga lima belas tahun. Namun, pendidikan
untuk anak yang berusia dibawah tujuh tahun tidak dimasukkan sebagai pendidikan
dasar. Perlu kiranya payung hukum yang setingkat dengan undang-undang yang
mengakomodir usia anak mulai 0 – 18 tahun menjadi target tujuan pendidikan
nasional.
Diharapkan
proses penjaminan mutu dapat berhasil dan mampu memanfaatkan kekayaan dan
kearifan lokal daerah masing-masing, yang diistilahkan oleh Tumanggor, 2007,
kekayaan dan kearifan lokal sering dipadankan dengan konsep kebijakan setempat
atau local wisdom atau pengetahuan setempat atau local knowledge. Atas dasar
menjaga dan melestarikan kearifan lokal pada masyarakat/komunitas adat,
sejumlah organisasi politik disingkat orpol
memperjuangkan pengakuan hak-hak masyarakat adat, yaitu hak memiliki nilai,
ideologi, politik, sosial, budaya, ekonomi, hukum serta wilayah
sendiri.
Semoga buku
ini menjadi pelengkap dan dapat
memberikan manfaat kepada pendidik, peserta didik, stake holder dalam hal ini
pemerintah, dan masyarakat pemerhati dan praktisi pendidikan untuk tetap
bersama-sama didalam memajukan mutu
sesuai tujuan dan sasaran pendidikan nasional seutuhnya dan UUD
tahun 1945. Terima kasih
Liputan media dapat dilihat di :
https://www.gonews.co/berita/baca/2019/08/01/tingkatkan-mutu-pendidikan-indonesia-di-era-industri-40-era-disrupsi
http://www.jurnas.com/mobile/artikel/56888/MPR-Dorong-Peningkatan-Mutu-Pendidikan-Indonesia-di-Era-Industri-40/
https://m.republika.co.id/berita/pvk4gf423/kunci-kualitas-sdm-adalah-mudahnya-akses-pendidikan
https://kilasparlemen.kompas.com/mpr/read/2019/08/01/19435731/mpr-sdm-bermutu-lahir-dari-pendidikan-bermutu
https://news.detik.com/berita/d-4648848/era-industri-40-kualitas-pendidikan-dan-guru-perlu-ditingkatkan?_ga=2.184670378.2019791750.1564242653-164894510.1538902848
https://rmco.id/baca-berita/parliament-update/14912/era-disrupsi-mpr-dorong-peningkatan-mutu-pendidikan-indonesia
https://m.antaranews.com/berita/988820/anggota-mpr-permudah-akses-pendidikan-untuk-tingkatkan-kualitas-sdm
http://samuderaberita.com/2019/08/02/pendidikan-di-era-4-0/
Era Industri 4.0, Kualitas Pendidikan dan Guru Perlu Ditingkatkan http://detik.id/V2o3P6
http://mobile.rilis.id/mpr-dukung-peningkatan-mutu-pendidikan-indonesia-di-era-industri-40
Liputan media dapat dilihat di :
https://www.gonews.co/berita/baca/2019/08/01/tingkatkan-mutu-pendidikan-indonesia-di-era-industri-40-era-disrupsi
http://www.jurnas.com/mobile/artikel/56888/MPR-Dorong-Peningkatan-Mutu-Pendidikan-Indonesia-di-Era-Industri-40/
https://m.republika.co.id/berita/pvk4gf423/kunci-kualitas-sdm-adalah-mudahnya-akses-pendidikan
https://kilasparlemen.kompas.com/mpr/read/2019/08/01/19435731/mpr-sdm-bermutu-lahir-dari-pendidikan-bermutu
https://news.detik.com/berita/d-4648848/era-industri-40-kualitas-pendidikan-dan-guru-perlu-ditingkatkan?_ga=2.184670378.2019791750.1564242653-164894510.1538902848
https://rmco.id/baca-berita/parliament-update/14912/era-disrupsi-mpr-dorong-peningkatan-mutu-pendidikan-indonesia
https://m.antaranews.com/berita/988820/anggota-mpr-permudah-akses-pendidikan-untuk-tingkatkan-kualitas-sdm
http://samuderaberita.com/2019/08/02/pendidikan-di-era-4-0/
Era Industri 4.0, Kualitas Pendidikan dan Guru Perlu Ditingkatkan http://detik.id/V2o3P6
http://mobile.rilis.id/mpr-dukung-peningkatan-mutu-pendidikan-indonesia-di-era-industri-40
Komentar