GOOD GREAT BEYOND

BUKU KE EMPAT
GOOD GREAT BEYOND



Judul                 : GOOD, GREAT, BEYOND 
                    (Menjadi pribadi penuh kesadaran diri menuju akreditasi mandiri)
                    


Penulis              : Ade E Sumengkar
Tahun Terbit      : 2020
Tebal halaman   : 384 halaman
Ukuran Buku       : A5        
Dapat dilihat di Ling berikut :                  https://www.academia.edu/41858495/Good_Great_Beyond        

Mengusung tema buku  “Semangat menjadi pribadi yang berkesadaran diri menju  tantangan perbaikan mutu melalui penguatan pendidikan berkarakter  pada buku keempat  ini yang diberi judul “good great beyond (menjadi pribadi penuh kesadaran diri menuju akreditasi mandiri)”.




Penulisan ini,  mengisahkan serial karakter versi lanjutan,
Bagian satu buku ini ada porsi siswa sebagai subjek pendidikan, bagaimana siswa menjadi Good dalam keseharian disekolah, rumah dan masyarakat. Di ajarkan praktik membangunkan karakter melaluinkesadaran diri dalam keseharian. Sehingga ketika di rumah anak mampu menjadi distibutor kebaikan pikiran, perasaaan dan tindakan kepada orang tua. Serta bagaimana mempelajari dan memahami serta praktik langsung tentang soft skill, seperti living skill, adaptive skill dan thinking skill, tidak lupa dipelajari moral dan etika skill untuk menyiapkan anak bertanggung jawab akan masa depan nya sebagai pemimpin.

Pada bagian kedua buku ini menuju Great, penulis mengajak pendidik dan orang tua (keluarga)  sebagai subjek pendidikan  memberikan contoh dan me-support secara maksimal dan optimal di dunia pendidikan dengan berbagai cara dan metode agar anak menyenangi pembelajaran melaluai literasi kebudayaan, literai keuangan, literasi bahasa , literai kunjungan kepustakaan, dan literasi komunikasi dan bahasa serta digital informasi untuk menjadi great dalam bidang pendidikan sehingga anak mampu bersaing dan menyesuaikan perkembangan jaman di era globalisasi dan millenial  serta era disruption dalam revolusi industri 4.0. dan percepatan menuju revolusi industri 5.0. 

Sedangkan bagian ketiga dari buku ini merupakan kebijakan dan arahan bagaimana menjadi beyond, sehingga setiap anak, pendidik dan lembaga mampu menjadikan dirinya pribadi berkesadaran diri menuju akreditasi mandiri yang sesuai dan diamanatkan undang undang dasar 1945. 

Dalam menjalankan misi, visi tujuan pendidikan nasional, di latar belakangi oleh perlunya dilakukan  penjaminan mutu pendidikan secara umum, dan juga bagaimana pegertian penjaminan mutu serta manfaat pendidikan melalui peningkatan mutu melalui akreditasi mandiri, dan perlu  diperluas melalui pembinaan yang berkelanjutan yang lebih komprehensif, membantu mengembangkan kompetensi pendidik dalam mengemban tanggung jawabnya dimasa yang akan datang di dalam memenuhi kebijakan pembangunan pendidikan nasional tahun 2020 dan untuk mencapai nawacita president, terkait juga dengan empat pilar kebangsaan, salah satunya adalah melaksanakan amanat UUD tahun 1945 pasal 31 ayat 1 dimana setiap warga-negara berhak mendapat pendidikan yang layak, termasuk didalamnya adalah bagaimana  kebutuhan setiap warga negara mendapat jaminan mutu dan kualitas pendidikan yang baik dan merata. 

Permasalahan dari mutu pendidikan dilapangan seperti luas daerah, jangkauan, sumber daya manusia dan kualitas manusia, sarana dan prasarana, serta anggaran pembiayaan secara teori mudah diucapkan akan tetapi dalam pelaksanaan sangatlah sulit diterapkan, disaat yang sama  harus di selesaikan bagaimana pencapaian secara nasional mampu diserap dan dinikmati secara adil, transparan dan bermanfaat untuk anak cucu kita kelak di Repubik Indonesia tercinta.

SERIAL LENGKAP DAPAT DIBACA GRATIS di 
https://independent.academia.edu/asumengkar/Books
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM PENDIDIKAN : KB PAUD TK (PRE SCHOOL) NURANI HATI

Bedah buku ke 2 Karya Ade E Sumengkar

Membentuk Generasi Visioner melalui Buku