GOOD GREAT BEYOND
BUKU KE EMPAT
GOOD GREAT BEYOND
GOOD GREAT BEYOND
Judul :
GOOD, GREAT, BEYOND
(Menjadi pribadi penuh kesadaran diri menuju akreditasi mandiri)
Penulis :
Ade E Sumengkar
Tahun Terbit :
2020
Tebal halaman : 384 halaman
Ukuran
Buku : A5
Dapat dilihat di Ling berikut : https://www.academia.edu/41858495/Good_Great_Beyond
Dapat dilihat di Ling berikut : https://www.academia.edu/41858495/Good_Great_Beyond
Mengusung
tema buku
“Semangat menjadi pribadi yang
berkesadaran diri menju tantangan perbaikan
mutu melalui penguatan pendidikan berkarakter pada buku keempat ini yang diberi judul “good great beyond
(menjadi pribadi penuh kesadaran
diri menuju akreditasi mandiri)”.
Penulisan ini,
mengisahkan serial karakter versi lanjutan,
Bagian satu buku ini ada porsi siswa sebagai subjek
pendidikan, bagaimana siswa menjadi Good dalam
keseharian disekolah, rumah dan masyarakat. Di ajarkan praktik membangunkan
karakter melaluinkesadaran diri dalam keseharian. Sehingga ketika di rumah anak
mampu menjadi distibutor kebaikan pikiran, perasaaan dan tindakan kepada orang
tua. Serta bagaimana mempelajari dan memahami serta praktik langsung tentang
soft skill, seperti living skill, adaptive skill dan thinking skill, tidak lupa
dipelajari moral dan etika skill untuk menyiapkan anak bertanggung jawab akan
masa depan nya sebagai pemimpin.
Pada bagian kedua buku ini menuju Great, penulis mengajak pendidik dan orang tua (keluarga) sebagai subjek pendidikan memberikan contoh dan me-support secara maksimal
dan optimal di dunia pendidikan dengan berbagai cara dan metode agar anak
menyenangi pembelajaran melaluai literasi kebudayaan, literai keuangan,
literasi bahasa , literai kunjungan kepustakaan, dan literasi komunikasi dan
bahasa serta digital informasi untuk menjadi great dalam bidang pendidikan
sehingga anak mampu bersaing dan menyesuaikan perkembangan jaman di era
globalisasi dan millenial serta era
disruption dalam revolusi industri 4.0. dan percepatan menuju revolusi industri
5.0.
Sedangkan bagian ketiga dari buku ini merupakan
kebijakan dan arahan bagaimana menjadi beyond, sehingga setiap anak, pendidik dan lembaga mampu
menjadikan dirinya pribadi berkesadaran diri menuju akreditasi mandiri yang
sesuai dan diamanatkan undang undang dasar 1945.
Dalam menjalankan misi, visi tujuan pendidikan nasional,
di latar belakangi oleh perlunya dilakukan
penjaminan mutu pendidikan secara umum, dan juga bagaimana pegertian
penjaminan mutu serta manfaat pendidikan melalui peningkatan mutu melalui
akreditasi mandiri, dan perlu diperluas
melalui pembinaan yang berkelanjutan yang lebih komprehensif, membantu
mengembangkan kompetensi pendidik dalam mengemban tanggung jawabnya dimasa yang
akan datang di dalam memenuhi kebijakan pembangunan pendidikan nasional tahun
2020 dan untuk mencapai nawacita president, terkait juga
dengan empat pilar kebangsaan, salah satunya adalah melaksanakan amanat UUD
tahun 1945 pasal 31 ayat 1 dimana setiap warga-negara berhak mendapat
pendidikan yang layak, termasuk didalamnya adalah bagaimana kebutuhan setiap warga negara mendapat
jaminan mutu dan kualitas pendidikan yang baik dan merata.
Permasalahan dari mutu pendidikan dilapangan seperti
luas daerah, jangkauan, sumber daya manusia dan kualitas manusia, sarana dan
prasarana, serta anggaran pembiayaan secara teori mudah diucapkan akan tetapi
dalam pelaksanaan sangatlah sulit diterapkan, disaat yang sama harus di selesaikan bagaimana pencapaian
secara nasional mampu diserap dan dinikmati secara adil, transparan dan
bermanfaat untuk anak cucu kita kelak di Repubik Indonesia tercinta.
SERIAL LENGKAP DAPAT DIBACA GRATIS di
https://independent.academia.edu/asumengkar/Books
SERIAL LENGKAP DAPAT DIBACA GRATIS di
https://independent.academia.edu/asumengkar/Books
Komentar